Basic Physics Laboratory / Laboratorium Fisika Dasar

Basic Physics Laboratory serves practical training of Basic Physics course 1 & 2 of all faculties at Pattimura University. Basic Physics Laboratory is one of the service laboratories within the scope of Pattimura University (Unpatti) which organizes practical activities related to basic science of physics. This laboratory is managed by the Head of Laboratory who is a lecturer staff of Physics Department FMIPA Unpatti and assisted by Pranata Education Laboratory (PLP). Activities in Basic Physics Laboratory refers to the motto 4S: Serve, Share, Support & Safety.


 Image2Laboratorium Fisika Dasar berada pada Gedung Laboratorium Jurusan Fisika FMIPA-Unpatti Lantai 1, Jln. Ir. Putuhena, Poka. Website: http://fisika.fmipa.unpatti.ac.id/fasilitas/labfd

Laboratorium Fisika Dasar merupakan salah satu laboratorium layanan dalam lingkup Universitas Pattimura (Unpatti) yang menyelenggarakan kegiatan Praktikum berkaitan dengan ilmu dasar Fisika. Laboratorium ini dikelola oleh Kepala Laboratorium yang merupakan staf dosen Jurusan Fisika FMIPA Unpatti dan dibantu oleh tenaga Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP). Kegiatan di Laboratorium Fisika Dasar mengacu pada motto 4S: Serve, Share, Support & Safety.

Picture3

Laboratorium Fisika Dasar menyelenggarakan kegiatan Praktikum Fisika Dasar bagi mahasiswa semester I dan II Jurusan Fisika dan mahasiswa dari luar Jurusan, baik dari FMIPA (Jurusan Matematika, Kimia dan Biologi) maupun dari luar FMIPA Unpatti. Saat ini, kami melayani lebih dari 1000 orang mahasiswa tiap tahun, yang tersebar di           5 (lima) Fakultas yakni: Fakultas MIPA, Teknik, Teknik Geologi, Perikanan dan Ilmu Kelautan, dan Pertanian dalam lingkup Unpatti. Kegiatan praktikum dapat berlangsung atas kerjasama yang baik antara pihak laboratorium dan dosen pengajar mata kuliah di masing-masing Prodi (Fakultas).

Untuk membantu proses penyelenggaraan kegiatan praktikum tiap semester, kami melibatkan beberapa staf dosen Jurusan Fisika sebagai Koordinator, 1 (satu) orang tenaga PLP (Pranata Laboratorium Pendidikan) dan 24 orang Asisten lab.

Picture4

Asisten lab adalah mahasiswa-mahasiswa terbaik Jurusan Fisika FMIPA semester V (lima) yang telah dibimbing oleh para koordinator lab kurang lebih 2 minggu sebelum praktikum dimulai. Praktikum dilaksanakan secara kolektif selama 6 minggu berturut-turut sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

Picture5

Picture6

 

 

 

 

 

 

Picture7

 

Staf Laboratorium Fisika Dasar sangat terbuka bagi setiap pengguna layanan dalam bentuk sharing informasi, ilmu maupun kendala-kendala yang dihadapi saat melaksanakan praktikum.
Selama praktikum, mahasiswa semester I dan II diwajibkan untuk memiliki Modul praktikum, menyelesaikan tugas pendahuluan, melaporkan data eksperimen dan membuat laporan akhir praktikum. Setiap mahasiswa dibimbing dan diarahkan oleh Asisten lab mulai dari awal praktikum hingga pelaporan hasil. Hal ini dimaksudkan agar setiap materi yang diterima dapat dipahami secara baik dan benar.
Laboratorium Fisika Dasar juga terbuka untuk umum, seperti kunjungan dari Sekolah-sekolah di Kota Ambon dan sekitarnya. Mulai tahun ini, Laboratorium Fisika Dasar bekerjasama dengan pihak-pihak Sekolah yang hendak melakukan Praktikum Fisika Dasar dapat menggunakan fasilitas Laboratorium yang disesuaikan dengan materi/kurikulum yang berlaku. Dengan demikian, para Guru dapat terbantu untuk mengarahkan siswa-siswa dalam melakukan praktikum.

Picture8

Laboratorium Fisika Dasar sangat mensupport setiap mahasiswa yang melakukan eksperimen dalam rangka Tugas Akhir (Skripsi) atau tugas mata kuliah tertentu dengan cara meminjamkan peralatan yang diperlukan sesuai dengan SOP yang berlaku. Staf Laboratorium juga siap membantu dalam hal konsultasi dan pembimbingan terkait penggunaan peralatan lab, apabila dalam pelaksanaan eksperimen terdapat kendala/hambatan.

Picture9

Picture10

 

 

 

 

 

Picture11

Picture12Selain itu, telah diterapkan program K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di Laboratorium dengan menjadi penyelenggara Workshop K3 yang pertama kali di lingkungan Unpatti pada bulan Mei 2017. Narasumber pada kegiatan tersebut adalah 4 (empat) orang Staf Fisika dan didukung oleh Tim Pemadam Kebakaran Kota Ambon. Narasumber telah mengikuti Training pada Program K3 Australia Awards di Australia pada awal tahun 2017 yang lalu dan diimplementasikan dalam bentuk workshop dan praktek. Kegiatan ini sangat berguna untuk memberikan pemahaman kepada staf lab yang bekerja menggunakan alat dan bahan dengan tingkat resiko yang tinggi.