Mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA Universitas Pattimura lolos ke tingkat Nasional KN MIPA 2020

Pada era Revolusi Industri 4.0 menuju era Society 5.0 diperlukan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dalam bidang sains serta mampu bersaing dalam berbagai kompetisi sains baik di lingkup Regional maupun Nasional. Oleh sebab itu, melalui Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbud RI menyelenggarakan kegiatan tahunan yang strategis dan komprehensif untuk menghasilkan mahasiswa yang memiliki daya saing dan kompetensi unggul dalam bidang MIPA. Bentuk kegiatan tersebut adalah Kompetisi Nasional MIPA (KN MIPA) tahun 2020, namun karena pandemi covid19 sehingga kompetisi digelar secara daring.

Walaupun di tengah pandemi ini, tidak menyurutkan semangat dari para mahasiswa Fakultas MIPA khususnya perwakilan dari Jurusan Fisika untuk mengikuti kompetisi ini. Dari seleksi KN MIPA tingkat Universitas, terpilih 2 (dua) orang mahasiswa yang mewakili ke tingkat Regional yakni Randi Rasyid Latuconsina (angkatan 2016) dan Octaviana Sujianti (angkatan 2018). Setelah proses KN MIPA tingkat Regional berlangsung beberapa waktu lalu, maka di hari ini (19/8) Randi Rasyid Latuconsina ditetapkan sebagai peserta KN MIPA yang lolos ke tingkat Nasional.

“Man jadda wa jadda” Siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil (dikutip dari Novel Negeri 5 Menara) demikian ungkap nyong hitam manis asal Kabauw, Maluku Tengah ini sembari mengingat kembali perjuangannya melewati proses seleksi KN MIPA yang pernah dilaluinya.. Seleksi KN MIPA ini telah diikutinya selama 2 tahun berturut-turut dan di tahun 2020 ini, ia berhasil lolos ke tingkat Nasional. Dengan penuh keyakinan dan berdoa kepada Allah SWT, ia berjanji akan berusaha menampilkan yang terbaik pada seleksi KN MIPA tingkat Nasional di bulan September mendatang.

Selamat dan sukses Randi. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *