Berbicara tentang sampah dan upaya penanggulangannya tidak akan pernah tuntas hingga saat ini. Justru dengan bertambahnya populasi manusia, terjadi peningkatan sumbangan sampah yang cukup signifikan di lingkungan sekitar kita. Menurut Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP), Kota Ambon menyumbang sampah mencapai ± 268,57 ton setiap hari dan sumbangan terbesar adalah dari sampah rumahan. Di sisi lain, dengan adanya peningkatan populasi manusia, berpengaruh langsung terhadap konsumsi listrik yang digunakan. Kedua permasalahan inilah yang menjadi dasar pikir salah satu mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA Unpatti angkatan 2016, Kaswan Harusia yang dituangkan dalam tulisan ilmiah dengan judul Bio-Battery:  Pemanfaatan Sampah Sebagai Sumber Energi Listrik Alternatif Dalam Upaya Mendukung Pemerataan Pembangunan Di Maluku Berbasis Renewable Energy“.

Dengan berbekal ilmu Fisika dan wawasan ilmu pengetahuan lainnya, mendorong ia untuk berpikir kritis dan kreatif dengan melihat permasalahan yang dialami oleh masyarakat khususnya di Kota Ambon. Inovasi yang dikerjakan berupa pembuatan bio-baterai dari sampah organik yang diambil dari limbah sayuran dan buah-buahan. Dengan peralatan yang sederhana dan bahan yang diambil dari limbah sayur dan buah-buahan dapat menghasilkan tegangan sebesar (1,55 – 1,6) Volt dengan rapat arus maksimum 989,0 mA/m2. Dari ide kreatif inilah yang membawanya keluar sebagai Juara pertama pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat Universitas Pattimura yang diselenggarakan pada tanggal 13 Agustus 2020 lalu.

“Pembuatan bio-baterai ini masih perlu dikaji lebih jauh lagi pada penelitian selanjutnya. Namun saya berharap, semoga hasil karya ilmiah ini dapat menjadi solusi alternatif penanggulangan sampah sekaligus peningkatan ketahanan energi di Kota Ambon”, demikian harapan dari salah satu penerima Beasiswa Bidikmisi Unpatti ini.

Saat mengetahui hasil LKTI di waktu lalu, Ketua Jurusan Fisika FMIPA Unpatti, Helda Andayany, S.Si, M.Sc menuturkan rasa bangga kepada Kaswan dan mahasiswa lainnya yang telah berhasil mengukir prestasi melalui ajang kompetisi sains dan kreativitas lainnya serta membawa nama baik Jurusan Fisika di tingkat Universitas, Regional dan Nasional. Ia berharap, mahasiswa-mahasiswa Jurusan Fisika dapat terus mengembangkan kompetensi, mengasah kreativitas dan memperluas jaringan melalui event-event Nasional yang diselenggarakan tiap tahunnya. Semoga Jurusan Fisika semakin maju!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Translate »