Tahun 2023 diawali Jurusan Fisika dengan penuh rasa syukur, setelah bertambahnya satu orang Doktor pada pertengahan Januari lalu (16/01/2023). Pada awal Februari, Selasa (07/02/2023) dikukuhkannya guru besar pertama di Jurusan Fisika yaitu Prof. Hendry Izaac Elim, S.Si., M.Si., Ph.D. dalam bidang ilmu Nanosains dan Nanoteknologi. Dalam orasi ilmiahnya, Prof. Hendry Izaac Elim, S.Si., M.Si., Ph.D yang berjudul “Fisika Multitasking dalam Nanosains, Nanoteknologi, dan Nanomedis”, beliau mengatakan bahwa: Fisika terdepan yang telah dikembangkan oleh peneliti sejak 2001 tentang fisika nanosains, nanoteknologi, dan nanomedis. Teknologi tercanggih pada abad 21 ini yang paling mungkin untuk diterapkan secara multitasking di seluruh berbagai bidang kehidupan manusia.

(Copyright Picture: Humas Universitas Pattimura)

Lanjut Prof. Elim, nanoteknologi atau teknologi chip yang ukurannya hanya sebesar 1/1000 dari tebal rambut manusia merupakan hasil penemuan tingkat tinggi. Hasil-hasil penemuan tingkat tinggi sangat tergantung pada pengembangan ilmu-ilmu dasar khususnya ilmu fisika. Dalam pidatonya juga disampaikan berbagai hasil riset penemuan yang berhubungan dengan sifat-sifat optik, elektornik dan nonlinier optik dari beraneka ragam material berstruktur nano, baik metalik nanomaterial, semikonduktor nano struktur, maupun super hybrid material dan penelitian yang digunakan berkaitan dengan fisika terapan yang berorientasi pada fisika multitasking yang berdampak multidisciplinary.

Menutup pidatonya Prof Hendry I. Elim menjelaskan tentang arah dan visi road map riset  yang akan terus dibangun menuju Pusat Kolaborasi Riset Fisika Kepulauan dan terus berkembang menjadi Multisciplinary Research Center for Advanced Physics.

Civitas Akademika Jurusan Fisika FMIPA mengucapkan SELAMAT & SUKSES  Prof. Hendry Izaac Elim, S.Si., M.Si., Ph.D. dan Keluarga.

 HOTUMESE!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »